Analisis Signage di Institut Teknologi Bandung dan Kunjungan Acara 70 Tahun Seni Rupa Kriya dan Desain

Assalamualaikum, Warahmatullah Wabarakatu

Shalom Om Swastiastu Namo Buddhaya

Hai guys !

Kami kelompok yang beranggotakan :

-Bayu Teruna

-Abdul Hady

-Alief Julian

-Bayu Teruna

-Fauzan azizul

Kemarin, pada tanggal 9 September 2017 kami menghadiri sebuah acara yang bernama 70 Tahun Seni Rupa Kriya, dan Desain di sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung yaitu Institut Teknologi Bandung. Acara tersebut sangat istimewa bagi kalangan seniman dan desainer di Indonesia, khususnya Kota Bandung. Semua itu karena kita mengetahui bagaimana perjalanan seniman. dan desainer dari dulu hingga sekarang. Acara tersebut dimeriahkan oleh pameran pameran dari seniman-seniman ternama.

Tapi tujuan utama kami mengahadiri acara ini adalah untuk menganalisis sebuah tanda, atau pentunjuk arah yang ada pada ITB untuk menunjukan suatu tempat disana.

Kami sempat kebingungan karena wayfinding hanya berupa banner yang terpasang saat baru memasuki gerbang utama di jalan ganesha. Kebetulan di dekat informasi center sedang ada bazar. Kami awalnya mengira di situlah acara berlangsung. Kami berjalan melewati lorong kiri (dari arah masuk gerbang) kebetulan salah seorang dari kami melihat sebuah meja pendaftaran di sebelah kiri dari arah kami berjalan, dan ternyata itu merupakan pintu depan pameran berlangsung. Karena wayfinding dan signage yang kurang kami hampir salah menuju ke acara bazar.

 

Kebetulan kami sempat janjian dengan beberapa teman yang lain untuk menghadiri acara pameran.  Kami setuju untuk jumpa di dalam gedung pameran berlangsung.  Teman kami mengatakan bahwa mereka sudah masuk melalui gerbang parkiran motor. Anehnya kami tak kunjung jumpa dengan mereka, dan ternyata teman kami tidak tahu dimana acara berlangsung karena memang wayfinding dan signage yang kurang. akhirnya kami menyuruh mereka untuk menunggu di informasi center.

Kami sedikit kecewa dengan hal ini, karena kurangnya tanda, atau petunjuk arah ini bisa membuat orang yang pertama kali datang mengunjungi acara ini kebingungan untuk mencari lokasi dari acara tersebut.

Hal baiknya, kekecewaan itu dibalas dengan keindahan dan ke istimewaan karya-karya yang dipamerkan diacara tersebut.

Kesimpulannya adalah :

Rambu, Tanda, atau Petunjuk arah di acara tersebut sangatlah kurang. Kami, dan beberapa teman kami hampir tidak menemukan lokasi acara karena wayfinding yang kurang.

Berikut ini adalah dokumentasi yang kami peroleh.

unnamed unnamed0 unnamed2 unnamed3 unnamed4 unnamed5 unnamed6 unnamed7 unnamed8 unnamed9

Terimakasih sudah membaca,

terus dukung seniman Indonesia, dan jangan lupa,

Yakinkan Dengan Iman

Usahakan Dengan Ilmu

Sampaikan Dengan Amal

Yakin Usaha Sampai

Beriman berilmu Beramal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *